Focus Group Discussion (FGD) Penggunaan Tanda Tangan Elektronik pada Produk Hukum Daerah dan Dokumen Lain

Selamat siang Sobat APIP
Inspektur Daerah Jabar Dr. Eni Rohyani, SH., M.Hum., berkesempatan menjadi Moderator pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema “Menyoal Penggunaan Tanda Tangan Elektronik pada Produk Hukum Daerah dan Dokumen Lain” pada Hari Kamis, 19 Januari 2022 yang bertempat di Ruang Rapat Papandayan Gedung Sate Bandung secara Luring dan Daring.


Dalam pembahasannya, memasuki era industri 5.0 transformasi menuju era masyarakat informasi harus terus dilakukan, salah satunya adalah dengan diterapkannya tanda tangan elektronik dalam dokumen kedinasan. Penerapan TTE ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan transparansi, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance).

 
Plt. ASDA III Dr.Ir. Ferry Sofwan Arif, M.Si., membuka FGD yang dihadiri oleh narasumber Prof. Asep Warlan, S.H., M.H., Dr. Edmon Makarim, S.Kom, S.H., LL.M., Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, Prof. Dr. Budi Raharjo, Dr. Helni Mutiarsih Jumhur, S.H., M.H., Direktur Produk Hukum Daerah Kementerian Dalam Negeri, Kepala Biro Hukum – Kementerian Keuangan, Asmawa, AP., M.Si., Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Utama – Badan Siber dan Sandi Negara, Kepala Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE – BSSN), Ketua Pengadilan Negeri Bandung, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung, Ahli SIPD Kementerian Dalam Negeri.


Adapun peserta yang hadir pada FGD ini diantaranya Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provisi Jawa Barat, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Kepala Biro Hukum dan HAM Setda Provinsi Jawa Barat, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Barat, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat, dan TAP.

@ridwankamil
@Uuruzhanululum
@swangsaatmaja
@humasjabar
@jabarprovid
.
Sauyunan Pikeun tetep Juara.
#janganBuruBuruNyerah
.
.
? Dok : HumasInspt
.
#JabarJuaraLahirBatin #ridwankamil #uuruzhanululum
#gerakanwakafbuku #salamliterasi #literasidigital
#banggajadiwargajabar #jawabarat #jabar #HumasJabar #westjava#JabarSehatLahirBatin

Categories: Events, Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.