Inspektorat Daerah Provinsi Jawa Barat sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah memiliki peran penting dalam mewujudkan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang efektif di Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, perwujudan peran aparat pengawasan intern pemerintah yang efektif harus:

  1. memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan, kehematan, efisiensi, dan efektivitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah;
  2. memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah; dan
  3. memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah

Oleh karena itu, APIP harus terus melakukan perubahan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pengawasan dengan penerapan teknologi informasi di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Salah satunya dengan mengembangkan Sistem Informasi Pembinaan dan Pengawasan.

Sistem Informasi Pembinaan dan Pengawasan (SIMBINWAS) atau SEMBAWA merupakan aplikasi berbasis web yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pembinaan dan pengawasan Inspektorat mulai dari pembuatan kartu penugasan, input dan review KKP, input NHP dan sebagainya sehingga dapat terwujud tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Inspektorat Provinsi Jawa Barat yang berkualitas dan efektif.

SIMBINWAS atau biasa disebut SEMBAWA memiliki 2 (dua) portal; portal admin dan juga portal untuk Auditor/PPUPD. Adapun fitur dari masing-masing portal sebagai berikut.

a. Portal Admin

  1. Dashboard
  2. Profil
  3. Pengumuman
  4. Pengguna
  5. Kepegawaian (Pangkat dan Golongan, Jabatan, Detil Pegawai)
  6. Auditan
  7. Temuan
  8. Penyebab Kondisi
  9. Rekomendasi
  10. Tindak Lanjut
  11. Kriteria
  12. Tim Binwas
  13. PKPT dan SP Tindak Lanjut
  14. Monitoring SP Binwas
  15. Monitoring KKP BINWAS
  16. Entri Tindak Lanjut
  17. Rekap Monitoring Tindak Lanjut
  18. Rekap Temuan per Tahun
  19. Rekap Rekomendasi per Tahun

b. Portal Auditor/PPUPD

  1. Dashboard
  2. Profil
  3. Profil Auditor/PPUPD
  4. Riwayat dalam Tim
  5. Kartu Penugasan
  6. Alokasi Waktu
  7. Entri PKP
  8. Entri KKP
  9. Review KKP
  10. Entri NHP
  11. Daftar LHP